Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Standar

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

1. Membersihkan/Mencuci Wajah Minimal 2 Kali Sehari

Cara alami menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan  mencuci wajah minimal 2 kali dalam sehari. Hal ini akan membantu menghilangkan minyak pada kulit wajah sekaligus mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Namun sangat disarankan bagi Anda agar tidak mencuci wajah terlalu sering apalagi sampai menggosok wajah secara berlebihan. Jika Anda melakukan hal tersebut, kulit Anda menjadi kering dan akan menghilangkan minyak pada kulit, dan hasilnya, kulit wajah Anda akan memproduksi minyak lebih banyak dari sebelumnya. Cukuplah mencuci wajah 2 kali sehari saja dengan menggunakan sabun yang lembut. Dan gunakanlah sabun yang tanpa deterjen agar resiko peradangan kulit lebih rendah.

2. Bersihkan wajah sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.

Setelah mencuci muka, sebaiknya Anda mengeringkan wajah Anda dengan handuk yang bersih  karena tempat yang lembab disukai oleh bakteri

3. Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit wajah

Tipe kulit wajah manusia berbeda-beda, ada yang berminyak dan ada yang normal atau kering. Inilah penyebab sehingga terkadang produk yang kita gunakan tidak memberikan manfaat, bahkan malah menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi sebelum Anda memilih kosmetik, sebaiknya kenali dulu tipe kulit wajah Anda. Jika kulit Anda adalah tipe kulit yang berminyak maka sebaiknya Anda memilih kosmetik yang berlabel ‘oil-free’ atau ‘non-comedogenic‘. Pilih foundation bentuk cair dan bedak tabur untuk rias wajah. Hindari bedak two-way cake karena bisa menyumbat pori dan membuat kulit lebih berminyak.
Blush on bentuk bubuk juga cocok untuk kulit berminyak dibandingkan jenis krim.

4. Sebaiknya hindari kosmetik yang berminyak

kulit wajah kita secara alami akan memproduksi minyak. Jadi Anda sebaiknya tidak menggunakan kosmetik secara berlebihan apalagi jika itu adalah kosmetik yang mengandung minyak. Hal ini karena debu dan kotoran lebih mudah menempel pada wajah kita sehingga memungkin tumbuh suburnya bakteri penyebab jerawat pada wajah.

5. Gunakan pelembab yang sesuai dengan tipe kulit Anda

Anda kadang-kadang merasakan kulit Anda terasa ketat atau mengencang setelah mebersihkan wajah, bukan? Hal tersebut karena setelah membersihkan wajah kulit menjadi kering, makanya Anda harus menggunakan pelembab setelahnya. Nah, dan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak sebaiknya pilihlah pelembab yang memiliki tag “untuk kulit berminyak”. Anda juga harus mencari tag “bebas minyak”. Gunakanlah pelembab yang berbasis air yang beberapa diantaranya disebut pelembab gel, karena mereka lebih ringan daripada krim wajah biasa dan mengandung lebih banyak air, sehingga lebih mudah menyerap pada kulit.

6. Perbanyak minum air putih

Air merupakan komponen utama dari tubuh, rata-rata tiap orang memiliki 60% air dari berat tubuhnya. Selain menjaga kesegaran dan kecantikan kulit, air juga berfungsi mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh melalui air seni atau urine. Karena itu minumlah minimal 2 L atau 8 gelas per hari agar menjaga tubuh kita tetap sehat.

7. Lebih sering memakan sayur dan buah-buahan

Kita sudah tahu bahwa sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin. Karena itu perbanyaklah makan sayur dan buah, terutama yang mengandung vitamin E agar kulit tetap sehat sehingga jerawat lebih sukar tumbuh dan berkembang.

8. Usahakan tidur yang cukup dan teratur

Hal ini akan membuat kulit beregenerasi dan membuang racun-racun yang berbahaya sehingga membuat kulit kembali segar

Itulah beberapa tips untuk menghilangkan bekas jerawat. Mudah-mudahan bekas jerawat Anda cepat hilang, Amin. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s