CARA MEMASAK SAYURAN AGAR GIZI TIDAK HILANG

Standar

 

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur.
Sayuran merupakan makanan pendamping nasi yang biasanya berkuah cair atau kental. Selain itu sayuran berperan penting dalam penambahan gizi bagi tubuh kita. Oleh karena itu mengonsumsi sayuran pasti banyak manfaatnya bagi tubuh kita.
Untuk  menjaga agar sayuran tidak kehilangan manfaatnya setelah di masak ada beberapa cara yang harus di perhatikan.
  • Masak sayuran hijau dengan panci stainless sehingga keasamannya tidak bereaksi dengan logam.
  • Simpan dan dinginkan sayuran hijau tanpa dicuci sampai akan digunakan. Kondisi basah pada sayuran akan membuat sayuran cepat busuk.
  • Untuk mencuci sayuran, isi baskom/bak dengan air hangat karena tanah yang menempel di sayuran akan mudah lepas bila dicuci di air hangat.
  • Bisa juga mencuci sayuran di air mengalir untuk menghindari sayur menjadi layu.
  • Tiriskan sayuran yang habis dicuci diatas saringan sayur yang sudah dialasi serbet bersih.
  • Mengukus merupakan metode memasak sayuran yang paling sehat. Karena cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayuran dalam waktu yang singkat.
  • Hindari memasak sayuran dengan menggunakan panci presto. terlebih bila kita tidak mengetahui benar berapa waktu yang dibutuhkan untuk emmasak setipa jenis sayuran.
  • Bila kita menggunakan cara merebus untuk memasak sayuran, biarkan air mendidih selama 2 menit hingga oksigen berkurang baru kemudian kita masukkan sayurnya.
Hidup sehat berawal dari diri kita sendiri, untuk itu perhatikan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s