TANAH GOYANG, DESA TANJUNGSARI KEC PUDAK

Standar

Pernah mendengar Tanah Goyang..?..jika anda menggeleng dan mengerutkan kening tanda berfikir itu bukanlah hal aneh. Banyak warga Ponorogo yang belum pernah mendengar bahwa di wilayahnya terdapat sebuah fenomena alam yang cukup unik, berupa tanah gerak di sebuah lembah kaki bukit kawasan pegunungan kec Pudak.
Sesuai dengan namanya, tanah itu akan bergoyang ketika kita berada diatasnya. Hal ini terjadi karena kawasan tersebut adalah sebuah lembah yang dikelilingi perbukitan tinggi sehingga air berkumpul membentuk sebuah rawa. Di tengah tanah goyang terdapat sebuah aliran sungai kecil yang sangat jernih yang bisa digunakan untuk mandi/menyegarkan diri. Saat kami kesana, di ujung sungai itu ada 3 orang pemuda sedang sibuk dengan aktivitasnya dan sesekali tertawa lepas. Ternyata tiga pemuda sekitar sedang mencari udang dan kemudian di bakar langsung di lokasi. Nggeh mas, mriki lepene tasek wonten iwake (ya mas, di sini sungainya masih ada ikannya),” ucap salah satu orang itu.
Kawasan tanah goyang berada di desa Tanjung Sari, salah satu desa di antara enam desa yang tergabung dalam kecamatan Pudak. Panorama desanya masih sangat alami, jauh dari kebisingan kota, dan berhawa sangat dingin.
Di kesempatan sebelumnya, kami juga sempat menemui Arifin, tokoh pemuda di daerah itu. Tanah goyang itu di sebabkan karena rawa/air yang menggenang, di atas air terdapat rumput yang sangat tebal, karena sudah lama rumput itu sebagian menjadi tanah. Sehingga apabila kita injak rumput itu maka akan menggoyangkan air di bawahnya, dan seolah-olah menjadi tanah yang bisa bergoyang” terang Arifin . Arifin menambahkan, dulu pernah dilakukan pengukuran kedalaman air di bawah tanah/rumput tebal itu, dalamnya se-pundak orang dewasa, atau kira-kira 1,4m.
TIPS
1. Mudah sekali mencapai Pudak,dari pusat kota/Jeruksing ke arah timur kurang lebih 1 jam perjalanan dengan motor
2. Di musim hujan,jalan agak sulit/licin.sebaiknya kesana di musim kemarau.
3. Di tanah goyang, jangan berjalan terlalu ke tengah karena susunan kepadatan tanah dan kedalaman air susah diduga.

UNIK
1. Kawasan Pudak adalah pusat produski hortikultura (sayur-sayuran) di kabupaten Ponorogo. Beragam jenis sayuran tumbuh subur disana yang mulai berkembang sekitar tahun 90an,dirintis para petani dari daerah Sarangan Magetan yang sudah berpengalaman dengan komoditi sayuran. Sayangnya,hasil sayuran ini kebanyakan dibeli oleh pedagang,dibawa ke Magetan dulu baru dilempar ke pasaran Ponorogo. Cukup aneh bukan
2. Kecamatan Pudak mempunyai potensi peternakan sapi perah yang berproduksi sangat baik.
3. Mari berdayakan dan kembangkan potensi ekonomi local. Silahkan berbelanja produk hasil pertanian dan peternakan lokal Ponorogo, dan bagi anda yang ingin berinvestasi di bidang hortikultura dan peternakan tak ada salahnya melirik kawasan Pudak.SuwarnoSuwarnoFoto: Malemmmmmmmm,,,,,,, All...............

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s